Sabtu, 15 September 2012

Repair Restorasi Radio B-IN326U


Hari senin kemarin saya kedatangan senior di ORARI, beliau membawa sebuah radio tabung kuno, dalam kondisi rusak, yang satu kondisi luar masih bagus dan radio satunya sudah amburadul, rupanya yang satu untuk kanibal.


 Radio yang akan di reparasi dan restorasi PHILIPS B-IN326U





Segera saya buka sekrup di bagian belakang radio, ketika dicopot bagian belakang , terlihat sebuah OT yang mBleduk ditandai dari melelehnya cairan sejanis pendingin warna hitam legam, rupanya ini salah satu yang menyebabkan radio tabung ini mati total. Radio yang dijadikan kanibal segera saya buka penutup belakang, saya ambil OT yg masih cukup baik, kemudian saya pasang di radio yang rusak tadi. Saya periksa bagian komponen lainnya, ada sebuah resistor karbon yang hangus, saya ukur dengan AV-meter, masih menunjukkan harga resistansi yang baik, saya periksa bagian lain ada Capasitor yang rusak , segera saya ganti diambil dari radio kanibal. Setelah semua diganti, radio siap di ujicoba .


Melihat skema radio, ini menggunbakan tegangan 110V-AC, dan tidak ada trafo tegangannya, jadi istilah di jaman radio cepek-an , ini radio colok langsung PLN hanya tegangan 110V-AC, jadi harus digunakan trafo step-down dari 220V ke 110V, maka dibuatkan trafo darurat untuk menguji fungsi tidaknya radio ini, dari trafo 10A, diambil tegangan CT 52V jadi didapat tegangan 104V-AC,  maka segera kabel dicolok ke PLN dan ...Taaarraaa...radio terdengar mencuit..cuit ketika knop pencari gelombang diputar-putar..tidak lama terdengar suara penyiar..sepertinya RRI-Pro3...akhirnya selesai juga reperasi dan restorasi radio receiver yang di tahun 1050-an dikenal dengan Radio Roti...PHILIPS B-IN326U.
Video hasil reparasi Radio Tube PHILIS B-IN326U

2 komentar:

  1. manteb mas...

    untuk hasil lbh baik buang dan ganti semua black tar caps dg yg baru, bypas kedua MFT dg cap 100pf, bypass katode final UL41 dg 47uf/16V, bypass heater UF41 dg 0.1uf/250V....semoga jadi lebih bening, jernih...

    BalasHapus
  2. terima kasih info nya OM, radionya sudah dipulangkan ke yang empunya ...!! coba nnt saya kasi tau yang empunya untuk upgrade komponen seperti saran OM Prayudi.

    Salam,
    de YC0MVP

    BalasHapus