Selasa, 04 September 2012

Radio Ganjal Pintu


Awal bulan september 2012, hari sabtu yang cerah saya diundang oleh seorang senior rekan amatir radio ke rumahnya untuk mengganti sebuah tube driver 12BY7A di radio tuanya Yaesu FT-901DM, saya segera meluncur ke TKP di daerah Jakarta Timur.
Yaesu FT-901DM pergantian tube driver 12BY7A

Sampai dirumah senior saya , kami ngobrol seputar radio, tentang FT901DM yang jadi radio favorit beliau, setelah ngobrol ngalor ngidul...saya mengganti tube driver di radio tuanya Yaesu FT901DM, setelah diganti tube NOS 12BY7, lha...kok malah filament yang harusnya menyala setelah saklar Heater di ON-kan tidak terjadi, saya minta AVOmeter untuk melihat ada tidaknya tegangan filament di kaki-kaki tube driver dan final tube. Setelah diukur ternyata tidak ada tegangan filament di kaki tube tersebut. Diagnosa dan analisa saya ada misscontact di saklar Heater, perlu dilakukan langkah cek in all parts dan komponen satu-satu, saya menyarankan ke rekan amatir senior saya untuk general cek up bagi Radio tuanya FT901DM ke ahlinya yang jaraknya cukup jauh diluar kota, ke Om Karnoto-YC1UOA di Cilegon , menurut referensi beberapa rekan amatir beliau dokter specialist dan ahli, serta hasilnya baik, seperti om Amri-YC0TIO yang restorasi dan Re-Tune ulang manintenance Yaesu FT-901DM nya ke om Karnoto, dan hasilnya Rig beliau kembali berfungsi normal. Akhirnya setelah kontak ke Om Karnoto Radio Tua dibawa ke cilegon Opname disana untuk di repair dan di tune ulang distandarkan lagi istilah di dunia motor.

Sebelum saya pulang , saya ditawarkan oleh Senior rekan amatir radio , tuh...ada radio tua kenwood TS-430S, saya jadikan ganjal pintu ...barangkali mau merestorasi ..silahkan ...bawa saja. Akhirnya saya periksa ,wow ..,,radio yang cukup terkenal yang konon baik di bagian audio nya, Kenwood TS-430S. Saya periksa fisik radio TS-430S cukup baik, walaupun ada beberapa korosi disana sini tapi secara keseluruhan body cukup baik. Sampai di rumah, segera saya pasang kabel DC yang aslinya di jemper langsung dari dalam radio , jadi keluar 2 kabel merah-hitam untuk DC kabel, power supply saya on kan, menurut yang empunya radio, dulu....radio ini normal TX-RX berfungsi semua ...saya nyalakan saklar power radio...Taaarrraaa...kok tidak ada audio ...desis...yg keluar dari speaker ??? saya colokkan eksternal spekaer di bagian belakang radio....wwuuzzzzz...terdengar desis audio cukup kuat, saya putar volume audio, berfungsi...saya tekan tombol mode, LSB,USB, AM, CW, semua lampu berpindah posisi, saya perhatikan Display ...pertama tidak muncul angka apapun ...saya diamkan beberapa menit, muncul angka 1 digit di bagian paling kanan, saklar fungsi lainnya saya coba...beberapa berfungsi...diagnosa dan analisa awal...radio ini terjadi korosi di parts dan terjadi badconnect di koneksi antar modulnya, perlu restorasi , dibersihkan , dan kemudian dicoba lagi setelah proses restorasi clean all pcb dan parts.




Setelah analisa awal ini , saya laporkan kondisi awal ke yang empunya radio , bahwa kondisi awal radio hanya desis dan display mati. Kemudian cover atas dan bawah saya buka, terlihat sangat kotor debu dan korosi terdapat di semua bagian PCB , body, jemper, terlihat korosi dan kotoran paling parah di Blok Final. Dan untuk sementara hanya sampai tahap ini saya hentikan prosesnya , harus dipersiapkan contact cleaner yang kualitas baik untuk mengangkat kotoran dan minyak debu yang melekat di setiap komponen dan jemper.

To be Continued .....














Seharian membersihkan semua blok pcb , turun mesin smua, blok IF, blok RF, blok Final disemprot pakai contact cleaner...dibersihkan ..!!

Diawal bulan Maret 2013, Radio ini telah dikembalikan ke pemiliknya dengan kondisi hidup , display normal, tidak bisa RX dn TX.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar