JOTA Station YH0J KWARNAS


Jambore On The Air (JOTA) dan Jambore On The Internet (JOTI) di stasiun Kwartir Nasional Gerakan Pramuka – YH0J , Cibubur 18-20 Oktober 2019. Tahun 2019 ini di gelar dalam bentuk JOJOCAMP 2019, JOTA JOTI , peserta dengan Perkemahan di Lahan Perkemahan Taman Wiladatika, Cibubur , Jakarta Timur.

Saya mendapat kepercayaan dari ORARI Pusat untuk menjadi operator radio pada Jambore On The Air (JOTA) di stasiun Kwartir Nasional Gerakan Pramuka – YH0J , Cibubur 18-20 Oktober 2019. Sehari sebelum kegiatan, saya men-cek-up, semua peralatan yang akan digunakan dari Antenna dan Radio sistem. Antena untuk band 80-40 menggunakan Rotary-Dipole monoband dan untuk band 20-15-10m menggunakan 4el Yagi Hydaka, saya cek semua dalam kondisi baik, SWR diukur 1:1. Unutk radio primary station JOTA Kwarnas menggunakan YAesu FT-2000, dan radio secondary(backup) memakai Kenwwod TS-870. Untuk JOTA menggunakan satelit LAPAN/A2/ORARI, menggunakan antena Crossband YAGI 7el UHF/3el VHF, radio menggunakan Yaesu FT-40R (UHF) dan Icom V-80 (VHF). 



Kegiatan dimulai dengan rollcall peserta JOTA dari Kwarda di seluruh Indonesia, sebelum pembukaan JOTA  untuk mendata kesiapan dari KWARDA dan station penyerta di bawah KWARDA ditingkat Kwarcab, Kwaran/Gugus Depan di tiap Provinsi.




Selesai roolcall pembukaan maka kegiatan JOTA JOTI dilanjutkan dengan seremoni upacara Pembukaan JOTA JOTI 2019, yang dibuka secara resmi oleh KaKwarnas diwakili oleh Wakil KaKwarnas bidang Bina Muda, dilanjutkan dengan QSO perdana/pembukaan untuk JOTA 2019, Station Induk KWARNAS di Cibubur dengan Kwarda Kalimantar Timur , QSO berlangsung dengan baik dan lancar.

Selamat Ber JOTA ...CQ..CQ...CQ  Jambore 

de YC0MVP 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

DELTA LOOP 7 MHz Homebrew

Antena MiniDipole monoband 40m/7MHz

Merakit Antena QFH Dualband U/VHF Untuk Satelit