Jumat, 11 Juli 2014

Ngoprek Radio Perang

Sambil ngabuburit mengisi waktu, saya mendapatkan rongsokan 2 unit Radio perang jenis manpack Racal PRM-4021 dari teman Amatir Radio , yang kondisinya MATI total, body box radio sudah lecet sana sini saya repaint lagi dengan cat green army, knop chanel untuk dial frekuensi satu knop hilang ...yang lainnya masih cukup baik kondisinya.

Cover box alumunium penutup blok Synteziser dan blok Transceiver saya buka terlihat smua parts masih terlihat utuh, Blok Power Amp saja terlihat TR Final sudah pernah diganti tidak original dari Racal (aslinya pakai AR711548) pushpull yang ada dipkai yaitu 2SC2395 Thosiba, power tetap sama hanya 20watt saja pada posisi High dan low 5watt saja.

Segera saya lakukan cek smua jalur PCB, cek tegangan... ternyata ada tegangan tidak normal pada IC regulator ML18, tegangan droop smp 7,6V saja, harusnya normal operasi adalah 8volt. Saya segera cabut IC regulator ini, karena tidak ada lg komponen jenis ini dipasaran saya ganti dengan IC regulator biasa saja IC 7808, setalah dipasang , hasilnya lumayan bagus tegangan tidak drop lagi bisa out 8V, cek di beberapa titik point , smua tegangan sudah Normal.... tapi tetap Synteziser belum mau bangkit bekerja PLL tetap mati ??? Why ...to be continued




1 komentar:

  1. Ada no hp yang bisa d hubungi?saya punya radio ini dan pengen d service..terimakasih

    BalasHapus