Antena G5RV Homebrew

Diakhir pekan bulan januari saya membuat antena G5RV yang konon katanya antena sakti dibantu tuner tentunya karena saktinya bisa maen dibeberapa band atau istilah krennya Multi-Band Antenna.
Literatur untuk antena G5RV ini di internet beragam jenis tapi kali ini saya membuat antena G5RV mendapat kan skema dari OM Hakim-YB0AN disaat pelaksanaan JOTA 2012 bulan Oktober tempo hari di Cibubur untuk dioperasikan pada stasiun Induk Gerakan Pramuka YB0S dengan Digital Mode pada band 40m,20m dan 10m.
Melihat skema nya antena G5RV ini dibuat sangat sederhana karena didesain untuk band 40m-10m, dan terbukti sangat handal saat stasiun YB0S melaksanakan JOTA dapat kontak dengan beberapa HAM dari eropa, amerika, rusia,dll.

Berikut ini skema antena G5RV :


Panjang kabel tiap sisi adalah 7,75m x2 jadi total panjang 15,5m dan panjang kabel Feeder (300Ohm) adalah 4,25m dan ujung kabel feeder ini disambung ke konektor RG58 langsung ke Tuner  trus ke Radio.


Untuk mendukung stasiun JOTA di Cibubur maka dibuatkan satu unit lagi antena G5RV rencana akan digunakan dalam JOTA JOTI 2-4 Agustus 2013, setelah didesign , kawat menggunakan 7,75m kawat tunggal 2,5mm, feeder 300ohm 4,25m langsung dirakit, menjelang sore antena sudah siap dipasang.





Komentar

  1. Kabel yg 1 X pakai kabel Perak mantab tenan. jangan sembarang kabel.

    BalasHapus
  2. matur suwun infone OM Agus ..is the best wis antena G5RV

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

DELTA LOOP 7 MHz Homebrew

Antena MiniDipole monoband 40m/7MHz

Merakit Antena QFH Dualband U/VHF Untuk Satelit