Kamis, 26 April 2012

Restorasi Radio Tua Yaesu FT-901DM


YAESU FT-901DM - Pembersihan smua panel

Pertengahan bulan april 2012, saya mendapat amanat dari seorang Amatir Radio senior, untuk menghidupkan kembali sebuah radio tua produksi era tahun 1970an ,jika ditaksir kira-kira usianya 40 tahunan, cukup tua untuk sebuah peralatan elektronik. Radio tua tersebut dari produk Yaesu dengan tipe FT-901DM. Kondisi fisik radio masih cukup baik, tidak banyak korosi di body utama, cover atas bawah cat masih original, hanya knop depan sudah ada beberapa yang diganti tidak oroginal lagi, komponen dalam masih utuh belum pernah di oprek , di cover atas ada catatan kecil dari perusahaan Yaesu Services 2001 dan services berikutnya 2005, jadi Radio ini terakhir dihidupkan sekitar tahun 2001, jadi sudah sekitar 10 tahun tidak pernah ON. 

Segera saya hunting manual services di paman google, akhirnya dapat juga User manual Yaesu FT-901DM, setelah dicetak saya mempelajari tiap detail bagian receiver, transmiter, yang unik dari radio ini mirip dengan pendahulunya the legend of radio Yaesu FT-101, sepertinya yang mirip yaitu series FT101 ZD karena Yaesu FT-901DM dilengkapi dengan display digital frekeuensi, cukup membantu untuk zerobeat. Radio ini masih sistem VFO, untuk bagian driver menggunakan tube 12BY7A dan bagian PA menggunakan 2x6146B , power sekitar 100watt.


Langkah berikutnya, saya melepas semua knop depan, cover atas , bawah, semua knop direndam dengan air +sabun bayi, sambil disikat dengan perlahan untuk melepas kotoran dan minyak yang sudah puluhan tahun melekat di knop panel depan. Cover atas dan bawah juga di cuci kemudian semua dikeringkan di bawah hembusan kipas angin tidak langsung kena matahari. Sambil menunggu kering semua knop,cover , saya lakukan pemeriksaan awal bagian dalam, semua masih komplit tidak ada yang dikanibal, pemeriksaan saya lanjutkan ke bagian blok driver, saya cabut tube driver 12BY7A, saya periksa emisi dan fisik tube masih cukup baik, saya bersihkan dengan contact cleaner bagian soket kaki tube dan daerah sekitar driver ini. Pemeriksaan saya lanjutkan ke blok paling rawan, yaitu blok PA dimana terdapat 2 buah tube idola saya RCA 6146B, dengan sangat hati2 saya cabut klem yang diseri dengan R-100ohm dengan 4 lilitan di kepala anoda, saya tarik badan tube 6146B, saya periksa fisik emisi sudah hampir habis, fisik lampu masih cukup baik, tube yang satunya juga saya periksa, akhirnya semua saya pasang kembali semua knop, cover atas bawah, tube 6146B, setelah semua terpasang kembali, saya lakukan pemeriksaan akhir, memastikan bahwa semua terpasang sesauai aslinya. Kabel power saya pasang kemudian dengan perlahan saya ON kan saklar power di radio...Byarr...lampu display meter menyala sebelah, digital display manyala lengkap, lampu knop warna biru juga menyala, tapi kok..tidak ada suara yang terdengar????


Saya lakukan pemeriksaan lebih detail di telusuri dari blok audio, tidak ada masalah, saya periksa saklar -saklar di off-on kan ternyata ada satu saklar yang macet jika saklar ini digetok pelan audio muncul ...nah ini dia...masalahnya, segera saya semprotkan contact cleaner ke semua saklar, saya semprotkan juga minyak mesin jahit Singer ke saklar-saklar ini, segera saya ON kan saklar power ....taarraa....wuuuzzzz..krotokk..krotok...akhirnya radio ini bersuara juga ...he..hee..tapi audionya sember ya...dan masih tertahan seperti kegencet sesuatu,saya periksa tombol-tombol depan ..ada satu tombol ATT jika ditekan ..suara melemah dan jika dilepas suara keras..segera saya semprot dengan cleaner dan minyak mesin jahit...hasilnya ..Audio terdengar Bening..meter signal bergerak-gerak ...wahh..masih ada suara yang sember jika volume dibesarkan...segera saya balik radio saya buka cover bawah ...saya periksa Speaker ...ternyata ...speaker sudah sobek sana-sini termakan usai ...saya pakai ekstra speaker ...dan ...wuuuzzz...audio terdengar bening dan jernih...saya biarkan radio On beberapa jam untuk memaaskan komponen tua nya, ibarat mobil tua ..biar oli melumasi bagian mesin yg sudah tua. Kemudian saya pasang antenna dan mencoba memonitor beberapa rekan amatir di band 40m pada frekuensi 7.070Mhz, saya dial knop ..kiri kanan..mencari audio yang pas ...diperhatikan ternyata VFO down 3Kc setelah radio dipanaskan 1 jam lebih, jika monitor di 7.070Mhz maka On Display akan terlihat pada 7.06.30. Sepertinya VFO harus di re-tune/kalibrasi ulang .

Setelah langkah Receiver sudah tidak ada masalah, langkah berikutnya saya memeriksa bagian Transmiter, saya pasang SWR-Power dengan Dummyload homebrew 100watt, dial frekunsi pada 7.100Mhz , saklar Heater saya On kan ...wah ..ternyata kipas blower di bagian belakang tidak berfungsi, body terasa panas setelah saklar Heater di on kan, segera saya periksa Kipas Blower oroginal dari radio ini, ternyata sudah Soak ...segera saya cabut blok Blower ini, saya ganti dengan kipas 12V bekas Komputer ..wuuuzzz..terasa hawa panas tersedot keluar ...body menjadi dingin kembali. Kemudian saya atur knop PLATE...mencari DIP ..putar sana-..putar sini..saya tekan tombol TUNE ...jarum power meter naik ...power hanya 20watt saja...kok kecil amat ya..pikir saya...apa ada yg salah tune...saya pindah band ke 80m , dial pada 3.800Mhz...putar knop sana-sini ..power juga hanya 20watt saja ..ada apa ???? Saya Off kan power...buka cover atas ...setelah agak dingin saya cabut tube Final 2x6146B ...mungkin saja tube ini sudah habis powernya, saya ambil stok tube 6146B bekas tapi emisi masih cukup , segera saya ganti tube lama dengan yang baru (bekas). Setelah terpasang semua, saklar power saya ON kan ...saklar HEATER saya ON kan..setelah menunggu filament sudah cukup panas, dial frekunsi saya pindah ke 7.100Mhz, saklar TUNE saya pencet...putar knop sana-sini ...wah..lumayan power bisa nendang 60watt di band 40m, saya pindah ke band 80..Tune..power masih sekitar 60watt, saya pindah ke band atas di 20 dan 15 ..power rada drop hanya 30watt saja ...jadi dapat disimpulkan bahwa Power tidak merata di semua band, harus Re-Tune /Kalibrasi ulang dibagian Transmiter ini, terutama Bias tube Final 2x6146B, driver 12BY7A .


Akhirnya saya lepas Dummyload, saya pasang antena Dipole ke radio, saya coba monitor rekans amatir di 7.070Mhz, ...Mike Victor Papa ...dispasi saya mencoba QSO perdana dengan FT-901DM, diterima oleh rekan dari Sukabumi dengan report 59+10 ..hanya frekeunsi bergeser cukup jauh 4kc  ...diatas...segera saya informasikan bahwa saya sedang mencoba radio tua Yaesu FT-901DM, akhirnya beliau maklum frekeunsi didial agak ke atas unutk mendapatkan audio cukup yang sempurna ..QSO saya akhiri dengan mengucapkan terima kasih ..sudah berkenan memberikan report. Malamnya saya coba untuk QSO pada NusNET di 7.055Mhz, NCS dari kalimantan, diterima 59 saja...cukup puas. Esok hari saya laporkan kondisi radio tua ini ke Senior saya.

Demikian kegiatan saya menghidupkan lagi radio tua Yaesu-FT-901DM, untuk bebebrapa hari saya monitor rekans amatir CQ DX cukup bagus RX radio ini, terdengar rekan dari Eropa dan Australia , segera radio tua ini akan di kembalikan ke pemiliknya.

Yaesu FT-901DM setelah di bersihkan dan di hidupkan kembali .


Video Liputan Uji Coba Yaesu FT-901DM setelah di maintenance



Yaesu FT-901DM setelah di bersihkan dan di mantenance kembali..Bungkus siap dikirim ke pemiliknya



4 komentar:

  1. OM Andi, apakah Andi bisa perbaiki radio manpack Racal yg rusak ? atau OM Andi bisa merekomendasikan teman yg bisa memperbaikinya ?

    BalasHapus
  2. Racalnya tipe apa om Wahyudi??? jika tipe PRM4021 dan PRM4031 , selagi masih ada manual servicesnya ...insya allah bisa diperbaiki, jika rusaknya tidak parah ya om...rusaknya gimana om ??? bisa keluar suara, atau mati total, atau hanya keluar suara bib..bib..bib..saja..???

    BalasHapus
  3. pinjam dong Om radionya...heheheheheh

    de YD0NVU

    BalasHapus
  4. Radio Yaesu FT-901 DM sudah dikembalikan om ke pemiliknya, saya hanya membersihkan saja om.

    trima kasih sudah berkunjung ke blog saya.

    salam de YC0MVP

    BalasHapus