Sabtu, 23 April 2011

Kramatjati Hamfest 2011- Stand QRP-HRC Indonesia

Banner Stand QRP-HARC Indonesia
Senior HARC Indonesia


Laporan pandangan mata Om Daryono :

Kramat Jati Hamfest sudah dimulai... Seharian kemarin saya nongkrong di stand QRP-HARC, ada beberapa hal yang menarik bagi saya :

- Om Sudarmono (YB1CYD) mendemokan SDR(Software Defined Radio)  Receiver hasil rakitannya dan menjelaskan dengan gamblang apa itu SDR dan keunggulan2 nya misalnya filter yang dengan mudah diatur bandwidthnya, notch filter yang tidak hanya 1 frekuensi dll. Yang sangat menarik adalah hasil record/saved yang kalau dimainkan ulang kita bisa men "tuning" ulang karena yang di save adalah spectrum frekuensi ( dengan kelebaran dari 44kHz sd 192kHz tergantung soundcardnya). Ternyata membuat SDR Receiver itu tidak sulit... selain itu softwarenya bisa didownload gratis.

- Om Indra (YD1JJJ) dengan HF Transceiver "Blekok"nya yg istimewa karena menggunakan IF yang jarang sekali para homebrewer coba yaitu 72,5MHz. Juga sudah "SDR Ready" karena sudah dilengkapi dengan " I-Q Detektor" yang diperlukan untuk keperluan SDR.

-Om Eriza (YB0BAJ) ikut memamerkan HF Linear Amplifier Mosfet dengan output cukup besar yaitu 1 Kilowatt, sangat kompak , dengan komponen yang bisa didapat di pasaran..... ssssttt YD dan YC belum boleh pakai .....hi hi hi

-Ada juga antenna RoomCap 80 meter vertikal , buatannya Om Ferry (Yc1COZ) cocok untuk yang punya lahan terbatas....

_Om Solihin(YC1BVK) dengan antenna mobile 40 meter bikinannya dengan konstruksi yang bagus sehingga L nya dibuat semi air core . Juga ikut dipamerkan Antenna Analyzer , Switching Power Supply hasil karya beliau.

-YD0LOU dengan komponen2 jadul ( veriabel kapasitor , induktor , tabung....) cocok untuk penggemar tabung tinggal pilih mana yang cocok..... O ya kalau kelaparan nggak usah jauh2, bisa mampir ke stand sebelahnya karena XYL beliau buka warung........ Stand2 lainnya kelihatannya juga menarik , kemarin belum sempat jalan2 mungkin hari ini akan kesana lagi........

Demikian sekilas info........ Salam, Daryono

See you on Jakarta Fox Hamfest 2011 at Monumen Nasioanl June 18-19, 2011 !! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar